Syair yang membuat Imam Ahmad bin Hanbal r.a menangis tersedu-sedu hingga hampir pingsan. Hal ini menunjukkan betapa lembut dan pekanya hati Imam Ahmad terhadap hal-hal yang mengingatkan manusia kepada Rabbnya, dosa-dosanya dan kehidupan akhirat.

Syair Pelembut Hati

إذَا مَا قَالَ لِي رَبِّي أمَا استحييتَ تَعصينِي … وتُخفي الذَّنبَ عن خَلْقي وبالعصيان تأتيني

“Jika Rabbku mengatakan kepadaku: “Tidak malukah kau bermaksiat kepadaKu? Engkau menutupi dosa dari para makhlukKu, tapi malah dengan kemaksiatan kau mendatangiKu?”

فكيف أجيب يا ويحي ومن ذا سوف يحميني … أسلي النفس بالآمال من حين إلى حينِ

“Maka bagaimana aku menjawabnya, dan siapa yang mampu melindungiku. Aku terus menghibur diri dengan angan-angan (dunia) dari waktu ke waktu.”

وأنسى ما وراء الموتِ ماذا بعدُ تكفيني … كأني قد ضمِنْتُ العيشَ ليس الموت يأتيني

“Tetapi aku lalai dengan perihal setelah kematian, tentang apa yang dapat mencukupiku setelah itu. Seolah aku akan hidup terus, dan maut tidak akan menghampiriku.”

وجاءت سكرة الموتِ الشديدةُ من سيَحْميني … نظرتُ إلى الوجوهِ أليسَ منهم من سيفديني

“Saat sakaratul maut yang dahsyat itu benar-benar datang, siapakah yang mampu melindungiku? Aku melihat wajah orang-orang, tidakkah ada diantara mereka yang mau menebusku?”

سأُسْأَل ما الذي قدَّمتُ في دنيايَ يُنجيني … فكيف إجابتي من بعدُ ما فرَّطتُ في ديني

“Aku akan ditanya, tentang apa yang kukerjakan di dunia ini, yang dapat menyelamatkanku? Maka bagaimanakah jawabanku setelah aku lupakan agamaku?”

ويا ويحي ألم أسمع كلام الله يدعوني … ألم أسمع بما قد جاء في قافٍ وياسينِ

“Sungguh celaka aku, tidakkah kudengar firman Allah yang menyeruku? Tidakkah pula kudengar ayat-ayat yang ada di surat Qaf dan Yasin itu?” #muhasabahdiri

ألم أسمع بيوم الحشر يوم الجمع والديني … ألم أسمع منادي الموتِ يدعوني يناديني

“Bukankah kudengar tentang hari kebangkitan, hari dikumpulkan, dan hari pembalasan itu? Bukankah kudengar pula panggilan kematian yang terus melayangkan panggilan dan seruan kepadaku?”

فيَا ربَّاه عبدٌ تائبٌ من ذا سيأويني … سوى ربٍّ غفورٍ واسعٍ للحقِّ يهديني

“Maka ya Rabb, akulah hambaMu yang bertaubat, tidak ada yang dapat melindungiku. Melainkan Rabb Yang Maha Pengampun lagi Maha Luas KaruniaNya, Dia lah yang menunjukkan hidayah kepadaku.” #muhasabahdiri

أتيتُ إليك فارحمني وثقِّل فِي موازينِي … وخفف في جزائي أنت أرجى من يُجازيني

“Aku telah datang kepadaMu, maka rahmatilah aku dan beratkanlah timbanganku. Ringankanlah hukumanku, sungguh Engkaulah yang paling kuharapkan pahalaNya untukku.” #muhasabahdiri